Rumus Fungsi/Logika dalam Microsoft Excel
Sunday, March 10, 2013
0
komentar
A.
Menggunakan Fungsi
Fungsi sebenarnya adalah rumus yang sudah
disediakan oleh Microsoft Excel, yang akan membantu dalam proses perhitungan.
kita tinggal memanfaatkan sesuai dengan kebutuhan. Pada umumnya penulisan
fungsi harus dilengkapi dengan argumen, baik berupa angka, label, rumus, alamat
sel atau range. Argumen ini harus ditulis dengan diapit tanda kurung ().
Beberapa
Fungsi yang sering digunakan:
1.
Fungsi Average(…)
Fungsi ini digunakan untuk mencari nilai
rata-rata dari sekumpulan data(range). Bentuk umum
penulisannya adalah =AVERAGE(number1,number2,…), dimana number1, number2, dan
seterusnya adalah range data yang akan dicari nilai rata-ratanya.
2.
Fungsi Logika
IF(…)
Fungsi ini digunakan jika data yang
dimasukkan mempunyai kondisi tertentu. Misalnya, jika nilai sel A1=1, maka
hasilnya 2, jika tidak, maka akan bernilai 0. Biasanya fungsi ini dibantu oleh
operator relasi (pembanding) seperti berikut ;
Lambang
|
Fungsi
|
=
|
Sama
dengan
|
<
|
Lebih
kecil dari
|
>
|
Lebih
besar dari
|
<=
|
Lebih kecil atau sama dengan
|
>=
|
Lebih besar atau sama dengan
|
<>
|
Tidak
sama dengan
|
3.
Fungsi Max(…)
Fungsi ini digunakan untuk mencari nilai tertinggi dari sekumpulan
data (range). Bentuk umum penulisannya adalah =MAX(number1,number2,…), dimana number1, number2, dan seterusnya
adalah range data (numerik) yang akan dicari nilai tertingginya.
4.
Fungsi Min(…)
Sama halnya dengan fungsi max, bedanya
fungsi min digunakan untuk mencari nilai terendah dari sekumpulan data numerik.
5.
Fungsi Sum(…)
Fungsi SUM digunakan untuk menjumlahkan sekumpulan data pada suatu
range. Bentuk umum penulisan fungsi ini adalah =SUM(number1,number2,…). Dimana number1, number2 dan seterusnya
adalah range data yang akan dijumlahkan.
6.
Fungsi Left(…)
Fungsi left digunakan untuk mengambil karakter pada bagian sebelah
kiri dari suatu teks. Bentuk umum penulisannya adalah =LEFT(text,num_chars). Dimana text adalah data yang akan diambil
sebagian karakternya dari sebelah kiri, num_chars adalah jumlah karakter yang
akan diambil.
7.
Fungsi Mid(…)
Fungsi ini digunakan untuk mengambil sebagian karakter bagian
tengah dari suatu teks. Bentuk umum pemakaian fungsi ini adalah =MID(text,start_num,num_chars). Artinya
mengambil sejumlah karakter mulai dari start_num, sebanyak num_char.
8.
Fungsi Right(…)
Fungsi ini merupakan kebalikan dari fungsi left, kalau fungsi left
mengambil sejumlah karakter dari sebelah kiri, maka fungsi mengambil sejumlah
karakter dari sebelah kanan teks.. Bentuk umum penulisannya adalah =RIGHT(text,num_chars). Dimana text
adalah data yang akan diambil sebagian karakternya dari sebelah kanan,
num_chars adalah jumlah karakter yang akan diambil.
9.
Fungsi HLOOKUP
dan VLOOKUP
Fungsi HLOOKUP dan VLOOKUP digunakan untuk membaca suatu tabel
secara horizontal (VLOOKUP) atau secara vertikal (VLOOKUP). Bentuk umum
penulisan fungsi ini adalah :
=HLOOKUP(Lookup_value, Table_array, Row_index_num,…)
=VLOOKUP(Lookup_value, Table_array, Col_index_num,…)
Dari rumus diatas, dapat dilihat bahwa bedanya hanya pada nomor
indeksnya saja, kalau kita pakai HLOOKUP, maka digunakan nomor indeks baris
(Row_index_num), tapi kalu pakai VLOOKUP digunakan nomor indeks kolom
(Col_index_num). Nomor indeks adalah angka untuk menyatakan posisi suatu
kolom/baris dalam tabel yang dimulai dengan nomor 1 untuk kolom/baris pertama
dalam range data tersebut.
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Rumus Fungsi/Logika dalam Microsoft Excel
Ditulis oleh Simon Petrus
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://masihbisabikin.blogspot.com/2013/03/rumus-fungsilogika-dalam-microsoft-excel_10.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.Ditulis oleh Simon Petrus
Rating Blog 5 dari 5
0 komentar:
Post a Comment